3 Pulau di Kepulauan Seribu yang Terdekat dari Jakarta

Dipostkan April 23, 2017
Ditulis oleh Administrator Admin
Siapa tak mengenal keindahan Kepulauan Seribu? Gugusan kepulauan yang sering “disalahkaprahi” sebagai “Pulau Seribu” ini sudah sangat melegenda di kalangan orang Indonesia. Banyak yang tak tahu bahwa sejatinya Kepulauan Seribu masih masuk dalam wilayah administrasi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Satu yang jelas, meski banyak orang tidak tahu hal tersebut, mereka tetap saja senang berwisata ke kepulauan ini: baik tua maupun muda, ribuan orang mengunjungi berbagai pulau yang ada di Kepulauan Seribu setiap tahunnya (oh ya, jumlah pulau aslinya sebenarnya tidak seribu, ya!). Jika Lokasioner ingin berkunjung ke kepulauan ini, kami rangkumkan tiga pulau yang paling dekat dari dermaga Marina, Ancol – yaitu dermaga yang biasa digunakan sebagai tempat memulai perjalanan menuju ke kepulauan tersebut. Saking dekatnya pulau-pulau ini, Anda bahkan bisa mengunjunginya secara pulang hari tanpa menginap, loh!

PULAU BIDADARI



Letak Pulau Bidadari hanya 15 km dari pelabuhan Marina, Ancol, dan dapat ditempuh hanya dengan 30 menit saja menggunakan kapal cepat. Karena itu, kita bisa menikmati keindahannya tanpa harus bermalam. Beberapa hal menarik yang bisa dilihat di pulau ini adalah sisa-sisa bangunan bersejarah peninggalan Belanda. Pada masanya, Pulau Bidadari ini digunakan sebagai salah satu titik pertahanan VOC saat menghadapi tentara Sekutu, sehingga ada sisa-sisa benteng di sana. Lokasioner juga bisa memainkan berbagai olahraga air, misalnya banana boat.

PULAU AYER



Pulau Ayer terletak kurang lebih 14 km dari dermaga Marina, Ancol. Karena jaraknya juga tidak terlalu berbeda dengan Pulau Bidadari, waktu yang diperlukan untuk menempuhnya juga kira-kira sama, yaitu 30 menit dengan menggunakan kapal cepat. Pulau Ayer sendiri sering disebut sebagai “Mutiara”. Pulau ini mulai dikenal sejak Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno, sering menjadikan pulau ini sebagai tempat peristirahatannya. Pulau ini juga mempunyai sumber air tawar. Aktivitas yang bisa dilakukan di pulau ini antara lain memancing dan olahraga air. Pulau ini banyak ikannya, loh! Lokasioner bisa bawa pulang untuk dimakan sendiri atau dijual kembali! :)

PULAU UNTUNG JAWA



Kelebihan dari Pulau Untung Jawa adalah pulau ini juga menjadi pemukiman warga, dikelola oleh warga lokal, sehingga harga-harga di pulau ini cenderung lebih murah dan terjangkau daripada pulau-pulau lainnya. Selain wisata bahari, Lokasioner bisa melakukan wisata kuliner dan berbelanja di pasar cenderamata. Tak heran, banyak penduduk Jakarta dan sekitarnya yang melancong ke pulau ini untuk menghabiskan liburan dan akhir pekan.

Itulah 3 pulau di pulau seribu yang dekat dan mudah ditempuh dari Jakarta. Jika Lokasioner akhirnya berkunjung ke salah satu pulau tersebut, bagikan pengalamannya di forum kami, ya! :)


 

Komentar

Belum ada komentar

Posting comments after three months has been disabled.