4 "Taman Safari" yang Ada di Indonesia

Dipostkan April 30, 2017
Ditulis oleh Administrator Admin

Umumnya, frasa “Taman Safari” identik hanya dengan sebuah kebun binatang di area Puncak, tepatnya di Cisarua, Bogor. “Taman Safari” yang bernama Taman Safari Indonesia ini merupakan tempat wisata keluarga yang unik, karena satwanya dibiarkan berkeliaran di alam bebas, dalam habitat yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Namun, Taman Safari sebagaimana yang dimaksud bukanlah satu-satunya kebun binatang terkenal di Indonesia. Ada setidaknya tiga kebun binatang lain yang layak dikunjungi – kesemuanya merupakan bagian dari grup Taman Safari Indonesia. Berikut laporan lokasi semua “Taman Safari” yang kami rekomendasikan kepada Lokasioner:

TAMAN SAFARI CISARUA, BOGOR, JAWA BARAT

Sumber gambar: edisi.id

Lokasi tepatnya Taman Safari ini ada di Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, di kawasan yang umum dikenal dengan nama “Puncak”. Kebun binatang ini sebenarnya berfungsi sebagai penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di ketinggian 900-1800 mdpl dan memiliki suhu rata-rata 16-24 derajat celcius. Taman Safari ini dibangun pada tahun 1980 di atas perkebunan teh seluas 50 hektar yang sudah tidak produktif lagi. Saat ini, luas Taman Safari Cisarua berkembang menjadi 168 hektar serta dilengkapi dengan berbagai sarana edukasi dan rekreasi yang ramah lingkungan. Selain itu, Taman Safari ini juga sangat terkenal di kalangan turis mancanegara. Bahkan, jika Lokasioner penggemar segala hal keKoreaan, tentu Lokasioner tahu bahwa Taman Safari ini pernah dipergunakan untuk lokasi syuting reality show Running Man! Atas alasan itulah tidak pas rasanya jika kamu tidak mampir ke Taman Safari yang ini. :)

TAMAN SAFARI PRIGEN, PASURUAN, JAWA TIMUR


Sumber gambar: specindo.com

Nah, yang ini masih merupakan bagian dari grup Taman Safari yang ada di kawasan Puncak. Pada tahun 1997, Taman Safari Indonesia Group, yang membawahi seluruh kebun binatang Taman Safari, memutuskan membuka “cabang” di lereng Gunung Arjuna, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Luas dari Taman Safari 2 di Prigen ini adalah sekitar 350 hektar, kira-kira dua kali lebih besar dari Taman Safari 1 yang ada di Cisarua. Adapun pendiriannya didasarkan oleh sebuah alasan utama, yakni perlindungan satwa Indonesia di daerah Jawa Timur – walau pada kenyataannya tentu banyak hewan dari berbagai belahan dunia di Taman Safari ini. Jumlah total satwa yang dimiliki oleh Taman Safari Prigen sekitar 3.000 ekor, yang terdiri atas setidaknya 200 spesies dari berbagai belahan dunia. Beberapa contohnya adalah gajah Sumatra, jerapah, lumba-lumba, bahkan penguin Humboldt. Lokasioner bisa menyempatkan mampir ke Taman Safari Prigen di Pasuruan ini jika sedang melawat ke Jawa Timur. 

BALI SAFARI & MARINE PARK, GIANYAR, BALI



Sumber: balisafarimarinepark.com

Bali Safari & Marine Park (BSMP) merupakan “Taman Safari” yang ketiga dalam daftar ini. BSMP memiliki luas 40 hektar dan terletak di tiga desa yang berbeda yaitu Desa Lebih, Desa Serongga dan Desa Medahan, tepatnya di Kabupaten Gianyar. BSMP sendiri memiliki sekitar 400 ekor satwa langka dari 80 spesies di seluruh dunia, seperti jalak Putih, harimau Sumatra, beruang Himalaya, dan babon Afrika. Menariknya, selain mengunjungi satwa, Lokasioner juga dapat menikmati berbagai pertunjukan seperti Animal Educational Show, Elephant Educational Show, bahkan pertunjukan tari Bali. Jadi, jika Lokasioner sedang berkunjung ke Pulau Dewata, tidak ada salahnya untuk mampir ke Bali Safari & Marine Park di Kabupaten Gianyar.

BATANG DOLPHINS CENTER, BATANG, JAWA TENGAH



Sumber: wisatamudik.com

Batang Dolphins Center adalah unit Taman Safari Indonesia keempat, Lokasinya berada di kawasan Pantai Sigandu, Jawa Tengah. Di kawasan ini, pengunjung dapat menikmati berbagai hal. Meski namanya menggunakan kata “Dolphins” (lumba-lumba – red.), tidak berarti hanya ada atraksi dan hiburan yang melibatkan lumba-lumba. Di sini, Lokasioner juga bisa mengunjungi akuarium air tawar dan menikmati suasananya, serta menonton pertunjukan anjing pudel. Batang Dolphins Center hampir selalu ramai ketika liburan tiba, walau sebagian besar pengunjung memang menantikan atraksi para lumba-lumbanya. Adapun lumba-lumba di sini sangat pintar dan bisa melompat, menari, bahkan bermain bola. Lokasioner bisa menjadikan ini sebagai salah satu referensi liburan jika sedang berkunjung ke daerah Jawa Tengah. Jika ingin mengunjunginya dari Yogyakarta, siapkan waktu berkendara sekitar 4 jam.


 

Komentar

Belum ada komentar

Posting comments after three months has been disabled.