Jakarta

Dipostkan April 7, 2017
Ditulis oleh Administrator Admin


Ibu Kota Republik Indonesia ini adalah kota terbesar dan tercepat perkembangannya.

Dalam indeks Emerging Cities Outlook versi suatu firma konsultan bisnis asal Amerika Serikat, Jakarta menempati urutan pertama sebagai kota dengan pertumbuhan terpesat di dunia.

Jika sudah lama tidak keliling Jabodetabek pasti kaget, ada gedung baru yang muncul, tidak hanya satu tapi beberapa, sungguh luar biasa, gedung-gedung pencakar langit baru bermunculan hanya dalam hitungan bulan, akhir-akhir ini banyak sekali hotel baru, mal raksasa dan apartemen bermunculan.

Perkembangan ini menjadi magnet yang menarik banyak pendatang ke Jakarta, baik dari desa di pulau Jawa sendiri, maupun dari pulau lain bahkan dari luar negeri. Kota ini menjadi rumah bagi jutaan orang dari seluruh pelosok dunia, dengan campuran bahasa dan budaya.

Jakarta punya banyak situs menarik, ada tempat bersejarah, tempat rekreasi, pusat belanja, aneka ragam pilihan bersantap dan kehidupan malamnya merupakan salah satu yang terkeren di Asia Tenggara.

Tempat bersejarah, antara lain:

Monas – monumen peringatan setinggi 132 meter ini didirikan untuk mengenang dan melestarikan perjuangan bangsa Indonesia pada masa revolusi kemerdekaan 1945. Pada ruang bawah tanah terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia. Dari Pelataran Puncak dapat dinikmati pemandangan kota Jakarta.

Kota Tua – suatu kawasan yang didominasi bangunan kuno peninggalan zaman penjajahan Belanda, mulai dari Palabuhan Sunda Kelapa sampai ke Glodok, di mana Museum Sejarah Jakarta dan Taman Fatahillah adalah intinya.

Museum Sejarah Jakarta dulu adalah balai kota, pengadilan sekaligus penjara bawah tanah. Taman Fatahillah dulu adalah tempat untuk mengeksekusi para tahanan.

Selain itu masih ada Museum Wayang, Museum Keramik dan Seni Rupa, Gedung Kantor Pos Indonesia, Museum Bank Indonesia. Museum Bank Mandiri, Galeri Melaka, Museum Bahari, Manara Syahbandar, Stasiun Jakarta Kota, Toko Merah, Jembatan Kota Intan dan Pelabuhan Sunda Kelapa.

Museum Nasional – salah satu museum sejarah terlengkap, punya lebih dari 240.000 benda bersejarah.

Museum Tekstil – menyimpan pelbagai barang terkait tekstil dan beragam kain tradisional dari seluruh pelosok Indonesia. Gedungnya dulu adalah rumah pribadi seorang warga negara Perancis yang dibangun pada abad 19.

Gereja Katedral – gereja katholik dengan arsitektur neo-gotik.

Mesjid Istiqlal – terbesar di Asia Tenggara, pembangunannya diprakarsai oleh Presiden pertama Indonesia Soekarno.

Gelora Bung Karno – komplek olahraga serbaguna di Senayan yang gagasan pembangunannya dicetuskan oleh Presiden pertama Indonesia Soekarno.

Gedung Kesenian Jakarta – gedung bergaya neo-renaisance ini didirikan pada tahun 1982, merupakan tempat diselenggarakan pagelaran kesenian tradisional, kontemporer dan modern.

Tempat rekreasi, antara lain:

Taman Mini Indonesia Indah – suatu kawasan wisata bertema budaya Indonesia di mana pengunjung bisa melihat seluruh kebudayaan bangsa Indonesia dan kekayaan alam dari 33 provinsi melalui Anjungan Daerah yang dibangun sekitar danau dengan miniatur kepulauan Indonesia.

Kawasan ini diperkaya dengan:
 
  • Taman Bunga, Taman Tanaman Obat, Taman Burung, Taman Reptil, Taman Ayam Bekisar, Akuarium Air Tawar, Taman Ria Atmaja.
  • Pusat Peragaan Iptek yang dirancang sebagai edutainment, dilengkapi dengan 250 alat peraga yang bisa disentuh dan dimainkan seperti sepeda layang, roket air, try science, generator van de graft dan stimulator gempa bumi.
  • Museum Indonesia, Museum Purna Bhakti Pertiwi, Museum Tentara, Museum Perangko, Museum Pusaka, Museum Transportasi, Museum Telekomunikasi, Museum Olahraga, Museum Serangga.
  • Teater Imax Keong Mas, Teater Tanah Airku dan Teater 4D.
  • Sarana rekreasi seperti Istana Anak-Anak Indonesia, Taman Among Putro, Desa Seni dan Kerajinan, Pasar Buku Langka, Snowbay Waterpark, Telaga Mina, Warna Alam.
  • Tempat Ibadah seperti masjid, gereja, pura dan kuil.
  • Sejumlah kafetaria, warung dan restauran menyajikan aneka hidangan Indonesia.
  • Tempat penginapan Desa Wisata dan Graha Wisata Remaja.
  • Transportasi untuk berkeliling kawasan seperti Kereta Gantung, Aeromovel Indonesia, Kereta Api Mini, Perahu Angsa, sepeda sewa.

Taman Impian Jaya Ancol – suatu kawasan wisata terpadu terletak di tepi pantai dan merupakan salah satu taman hiburan terbesar di Asia, meliputi antara lain:

Dunia Fantasi, pusat hiburan yang membawa pengunjung berfantasi keliling dunia melalui permainan berteknologi tinggi, dan pusat edutainment melalui Fisika Dunia Fantasi dan Pentas Prestasi.

Atlantis Water Adventure, dulunya Taman Rekreasi Air Gelanggang Renang Ancol direvitalisasi sehingga pengunjung bisa berpetualangan air di kolam Poseidon, Antila, Plaza Atlas, Aquarius, Octopus, Atlantean dan Kiddy.

Gelanggang Samudra, pusat edutainment yang membuat pengunjung mengenal dan menyayangi lumba-lumba, paus putih dan anjing laut.

Sea World, akuarium raksasa terbesar di Asia Tenggara.

Pasar Seni, pusat kegiatan seni dan kerajinan, lengkap dengan Galeri Pameran, Toko Cinderamata, Plaza dan Panggung Pertunjukkan Seni.

Kereta Gantung, yang menghubungkan pusat hiburan satu dengan yang lainnya di kawasan wisata terpadu.

Marina, pelabuhan kapal pesiar menuju ke Kepulauan Seribu dan dermaga kapal pesiar serta pusat olahraga air seperti ski air, wind surfing, selam, sailing.

Selain itu masih ada Putri Duyung Cottages, Padang Golf Ancol, Bowling, Pantai Festival, Pantai Indah, Pantai Elok, Pantai Ria, Carnival Beach, Danau Impian, hotel dan restoran.

Pusat Belanja:

Busana Designer: Plaza Indonesia, Grand Indonesia, Plaza Senayan, Senayan City, Pacific Place, Mal Pondok Indah, Mal Kelapa Gading, Central Park.

Batik: Thamrin City

Kain: Pasar Mayestik

Garmen: Pasar Tanah Abang

Barang antik: Jalan Surabaya

Batu Akik: Pasar Rawabening

Karya Seni: Pasar Seni Ancol

Ikan segar: Pasar Muara Angke

Bunga segar: Pasar Bunga Rawa Belong

Tempat Makan enak di Jakarta banyak sekali, mulai dari warung yang menyajikan hidangan khas daerah seperti Gado-Gado, Ayam Bakar Taliwang, Soto Banjar; sampai restoran yang menyajikan hidangan internasional seperti Steak, Pizza, ada.

Tempat Hiburan Malam ada di beberapa tempat, di daerah Kemang berderet bar, kafe, restoran dan klub malam; di Jalan Jaksa berjejer bar dan café, ini lokasi favorit wisatawan beransel; di Plaza Senayan ada satu club malam yang cukup populer di antara party maniac mancanegara; di Plaza Indonesia ada restoran dan klub malam yang terkenal di kalangan ekspatriat.

Jakarta punya beberapa pintu masuk, dari luar negeri, bisa dengan pesawat dan kapal, ada dua Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma, serta satu Pelabuhan Tanjung Priok. Dari dalam negeri, bisa dengan pesawat, kapal laut, kereta api, bus, mobil pribadi.

Banyak alternatif transportasi untuk keliling Jakarta antara lain Transjakarta dan bus umum lainnya, kereta api komuter, bus wisata keliling kota, mobil sewa, mobil pribadi, taxi, bajaj, sepeda motor, ojek.

Komentar

Belum ada komentar

Posting comments after three months has been disabled.