Nusa Lembongan

Dipostkan April 7, 2017
Ditulis oleh Administrator Admin


NUSA LEMBONGAN – PULAU PERSEMBUNYIAN SEMPURNA JAUH DARI KERAMAIAN BALI

Bali merupakan tujuan wisata terfavorit di Indonesia terutama bagi wisatawan mancanegara, bahkan banyak orang lebih kenal Bali dari pada Indonesia, sehingga saat musim liburan kadang Bali terasa terlalu ramai dan padat.

Nusa Lembongan yang hanya dipisahkan oleh 12 kilometer Selat Badung dari Bali, merupakan salah satu pilihan bagi wisatawan pecinta laut, yang lebih suka ketenangan dan ingin menyendiri bersatu dengan alam.



Nusa Lembongan menawarkan suatu pulau persembunyian sempurna, dengan keindahan pantai menawan dan pemandangan alam bawah laut menakjubkan.

Pantainya masih alami, semua berpasir putih, belum banyak polesan buatan tangan manusia, dan masih sepi tidak ada penjaja yang berlomba menawarkan dagangannya.

Pantai Tanjung Sanghyang – enak untuk berenang saat pasang, bersantai, tiduran sambil menikmati makanan dan minuman yang ditawarkan restoran sepanjang pantai. Siang hari cukup ramai, banyak wisatawan naik perahu pisang dan paralayar, tapi pagi dan sore hari sepi.

Pantai Jungut Batu – merupakan pantai yang paling panjang sehingga di kalangan wisatawan mancanegera dikenal sebagai Long Beach. Pantai ini paling populer, hampir sebagian besar fasilitas pariwisata seperti hotel dan restoran terkonsentrasi di sini.

Pantai Mimpi – salah satu pantai terindah, agak tersembunyi letaknya, enak untuk berjemur dan bersantai, tapi kurang cocok untuk berenang, ombaknya kadang cukup ganas.

Pantai Sunset – kecil tapi spektakuler, enak untuk berjemur dan bersantai menikmati matahari terbenam.

Pantai Selagimpak – panorama Bali, terutama Gunung Agung terselimuti kabut tipis, sungguh indah dilihat dari pantai ini.

Pantai Selambung – terletak di antara lembah Desa Jungut Batu dan Desa Lembongan.

Pantai Lebaoh – tempat budi daya rumput laut.

Air lautnya sebiru batu safir dan ketiga ombaknya playground, laceration dan shipwrech terkenal di kalangan pelesancar mancanegara. Ombak playground ternyaman dan cocok untuk pemula, bisa ditangkap dengan mendayung di lepas pantai Selambung. Ombak laceration dan shipwreck terjadi di lepas pantai, bisa ditangkap dengan mendayung atau naik perahu jukung agak ke tengah laut.

Kedua ombak ini hanya untuk peselancar ahli yang sudah berpengalaman.

Ada beberapa tempat penyewaan papan selancar, bahkan ada tempat yang memberikan pelajaran selancar.

Perairan sekitar Nusa Lembongan dan Nusa Penida punya sekitar 247 spesies terumbu karang yang masih alami dan 562 spesies ikan penghuni karang, merupakan salah satu tempat bawah laut paling indah di dunia.




Pulau ini sungguh merupakan surga bagi para peselancar, penyelam scuba dan penyelam permukaan.

Ada beberapa cara untuk mencapai Nusa Lembongan, dengan kapal dari:
  • Pantai Sanur, ada beberapa kapal cepat terjadwal setiap hari
  • Pelabuhan Benoa, ada beberapa kapal pesiar dan kapal cepat terjadwal
  • Nusa Penida, ada kapal setiap hari
  • Gili dan Lombok, ada kapal pesiar dan kapal cepat setiap hari, yang berangkat dari Sanur ke Nusa Lembongan, lanjut ke Gilli dan Lombok.
Tiket kapal bisa dipesan secara online, atau dengan pertolongan staf hotel atau dari agen perjalanan lokal, dan bisa dibeli langsung di kantor kapal di sekitar tempat pemberangkatan kapal.

Ada banyak pilihan akomodasi, mulai dari guest house, bungalow, homestay, losmen yang murah dengan fasilitas seadanya di Jungut Batu; resor, vila, hotel kelas
menengah dengan fasilitas memadai di sekitar Mushroom Bay; sampai ke vila pribadi yang mahal dengan fasilitas lengkap di Bukit, Pantai Mimpi dan Pantai Selagimpak. Semua akomodasi cukup aman, jarang terlapor kejahatan, hanya kadang terjadi kehilangan pada kamar kosong tidak terkunci. Beberapa akomodasi berbintang menyediakan fasilitas koneksi internet nirkabel standar, meski kurang nyaman untuk berselancar di dunia maya tapi cukup memadai untuk sekedar berkomunikasi dengan dunia luar.

Makanan bisa didapat dengan mudah, biasanya di sekitar tempat penginapan ada café atau restoran yang menghidangkan makanan lokal maupun internasional, bahkan ada beberapa restoran menyajikan hidangan lezat dengan harga cukup murah.

Hanya ada beberapa bar yang menyediakan minuman hingga larut malam, hampir tidak ada kehidupan malam di pulau ini; hanya sekali waktu ada pesta pantai saat musim liburan atau bulan purnama.
Nusa Lembongan hanya 8 kilometer persegi luasnya, bisa dengan santai dijelajahi dengan berjalan kaki atau kalau ingin lebih nyaman dengan sepeda sewaan yang bisa disewa dengan mudah di beberapa toko di Jungut Batu.

Jalanannya cukup memadai untuk dilewati sepeda, meski ada beberapa tempat yang agak rusak.
Penjelajahan bersepeda sebaiknya searah jarum jam dimulai dari hutan bakau, sehingga bisa menikmati kicauan burung, dan bisa tetap naik sepeda ketika menuruni bukit menuju ke Desa Jungut Batu.

Banyak tempat menarik selain pantai yang patut dikunjungi dalam penjelajahan bersepeda.

Aquatic Alliance – pusat penelitian kelautan yang didirikan untuk melestarikan biota laut dengan cara memberikan edukasi pada penduduk lokal maupun pendatang guna menjaga kehidupan bawah laut.

Devil’s Tear – suatu tonjolan batu di pantai dihantam ombak spektakuler menghasilkan buih air yang cantik.

Hutan Bakau – bisa dijelajahi dengan perahu jukung. Saat pasang akan terbentuk laguna yang nyaman untuk anak-anak berenang.

Pura Puncak Sari – pura yang terbesar dan termegah, dengan panorama Bali yang indah di seberang sana.

Budi Daya Rumput Laut – merupakan salah satu daya tarik, wisatawan bisa melihat kehidupan sehari-hari para petani, meyaksikan cara rumput laut ditanam dan diolah. Hampir semua hasil budi daya ini diekspor sebagai bahan kosmetik.

Matahari Terbenam – bisa dinikmati di hampir semua pantai, dan yang paling popular di pantai Jungut Batu.
Jembatan Gantung – menghubungkan Nusa Lembongan dengan Nusa Ceningan.

Komentar

Belum ada komentar

Posting comments after three months has been disabled.