Ingin Wisata Unik di Kepulauan Seribu?

Dipostkan May 7, 2017
Ditulis oleh Administrator Admin
Kepulauan Seribu sangat identik dengan resort, wisata kuliner, dan aktivitas air. Namun rupanya, ada satu pesona lain yang unik dan berbeda. Pusat segala keunikan ini berada di Pulau Onrust. Apa sih yang menarik dari pulau tersebut?



SEJARAH PULAU ONRUST

Pada zaman penjajahan Belanda, Pulau Onrust adalah salah satu pulau yang vital karena merupakan tempat berlabuhnya kapal-kapal Belanda. Kata “onrust” sendiri memiliki arti “unrest” alias “tidak pernah beristirahat”, saking sibuknya transportasi kapal pada masa itu. Selain “Onrust”, warga lokal di sekitar situ terkadang menyebutnya sebagai “pulau kapal”.



Selain sebagai pelabuhan, Pulau Onrust memiliki banyak fungsi strategis lain. Salah satunya adalah sebagai tempat karantina bagi rakyat Indonesia yang baru pulang dari menjalankan ibadah haji. Pada waktu itu, pihak Belanda beralasan karantina ini diperlukan atas ancaman penyakit menular dari Arab. Namun, mereka sesungguhnya khawatir para haji tersebut akan mengajak rakyat memperjuangkan kemerdekaan bangsa.

WISATA PULAU ONRUST

Pesona wisata yang ditawarkan oleh Pulau Onrust adalah berupa sejarah, arsitektur, dan misteri. Semua berasal dari berbagai macam bangunan penting yang dulu dibangun oleh pemerintah Hindia Belanda.  Setiap bangunan menyimpan cerita tersendiri berdasarkan sejarah dan legenda. Jika Lokasioner ingin berkunjung ke pulau ini, akan terasa lebih optimal bila berwisata dengan menggunakan jasa tour guide lokal, karena hanya mereka yang tahu informasi penting tentang seluk beluk Pulau Onrust.



Bangunan yang paling menarik di pulau ini adalah sebuah benteng. Sebagai pusat pertahanan perang di masa lalu, pemerintah Belanda mendirikan sebuah benteng segilima yang dilengkapi dengan sebuah bastion pada masing-masing sisinya. Benteng yang dibuat dari batu dan karang ini masih berdiri hingga saat ini, meski sudah tak utuh lagi.
Selain benteng, ada juga bekas rumah sakit, makam, museum, barak karantina haji, gudang, dan dua buah kincir angin yang dulunya dimanfaatkan untuk kegiatan penggergajian kayu sebagai bahan kapal.
Karena sejarahnya yang sangat kelam, berbagai cerita misteri yang menakutkan pun santer beredar di sini. Dari mulai hantu noni Belanda hingga korban-korban kekejaman penjajah, tersiar kabar bahwa mereka sering bergentayangan saat hari sudah gelap. Namun, semua itu tak perlu ditakuti bila Lokasioner mengunjungi pulau ini di siang hari.

KAMPING DI PULAU ONRUST

Pulau Onrust ini tidak berpenghuni dan tidak dialiri listrik. Dengan adanya makam dan banyak bangunan kuno, pulau ini akan terasa mencekam di malam hari. Uniknya, banyak petualang yang suka berkemah di pulau ini. Bagi sebagian orang, kegiatan tersebut mungkin akan terasa seperti uji nyali. Namun sebenarnya, tak banyak orang yang mengetahui bahwa pulau ini memiliki pemandangan yang indah, tak jauh beda dengan pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu.


Travellers yang camping di sini rata-rata menyukai suasana dan pemandangan saat matahari terbit atau terbenam. Di malam hari, angin berhembus cukup kencang sehingga terasa adem. Kadang bila keadaan terlalu dingin, mereka akan berkemah di area benteng agar terasa lebih hangat.
 
BONUS: PULAU-PULAU SEKITAR

Sibuknya Pulau Onrust pada zaman pendudukan Belanda pun berimbas pada pulau-pulau lain di sekitarnya. Sama seperti Onrust, beberapa pulau tersebut juga menyimpan peninggalan arsitektural, sejarah, dan misteri.



Di Pulau Kelor, ada juga benteng sebagai cadangan pertahanan dari Pulau Onrust. Di Pulau Cipir, terdapat bekas rumah sakit tempat mengarantina para penderita wabah penyakit menular. Pulau ini konon juga menjadi lokasi penyiksaan dan eksekusi rakyat Indonesia pada masa penjajahan Jepang. Lalu, ada juga Pulau Karya yang menjadi tempat kuburan bagi warga etnis China yang dibantai oleh Belanda.
Dengan semua informasi di sini, apa Lokasioner berani mencoba mengunjungi pulau Onrust dan pulau-pulau lain di sekitarnya?


 

Komentar

Belum ada komentar

Posting comments after three months has been disabled.